Saturday, April 2, 2011

Wakan | Translator Bahasa Jepang / China (2)

Sebelumnya Saya pernah share tentang software Hikaro yang translator bahasa Jepang juga. Jika Anda kesulitan dengan softwares tsb Anda bisa menggunakan softwares "wakan" ini sebagai penggantinya. Memang namanya kedengarannya lucu (namanya juga Jepang), tapi faedah / kegunaannya luar biasa.

Selain itu, sobat juga dapat belajar tentang bahasa Jepang di masa-masa yang sangat penting ini bagi kemajuan  sobat dalam menempuh perjalanan karir. Tentu saja komunikasi disini tertuang secara luas, oleh karena itu saya akan mempersempitnya hingga ke “Komunikasi Dalam Bahasa Jepang”.

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang sulit dipelajari, hal itu disebabkan oleh banyaknya jumlah huruf  dan kosakata. Huruf yang dikenal dalam masyarakat Jepang adalah Kanji, Romaji, Hiragana, dan Katakana. Nah…bisa dibayangkan oleh kita yang notabene hanya mengenal Alphabet dan huruf  Hijaiyah saja yang jumlahnya masih puluhan, huruf kanji jumlahnya ribuan dan masih pula ditambah dengan hiragana dan katakana yang berjumlah puluhan.

Namun bagi orang yang mempelajari bahasa Jepang, hal ini merupakan suatu tantangan, karena bahasa Jepang merupakan bahasa internasional yang “sangat” bisa bermanfaat dalam menunjang karir dimasa depan. Namun tentunya mempelajari bahasa Jepang tidaklah mudah, selain pola kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia,  cara berbicaranya (Hogen) dan kosakatanya (Kotoba) pun beragam jenisnya di setiap daerah di Jepang.

Dalam proses pembelajaran bahasa jepang ini, ada sebuah software/program komputer yang bisa digunakan di komputer pribadi/PC/laptop. Program ini adalah “Wakan”, sebuah program translator/penerjemah dari bahasa inggris ke bahasa jepang, dan ke bahasa China.


Keungulannya adalah program ini bisa menampilkan arti dari sebuah kosakata dengan beragam alternatif kosakata dalam bahasa Jepang/Chinanya. Juga memberikan sebuah halaman khusus yang didalamnya termuat daftar huruf kanji yang tersusun rapi sesuai dengan jenis huruf yang digunakan sebagai awal kosakata.

Kelemahannya adalah program ini berbasis bahasa inggris, jadi kesulitannya bertambah apabila kita tidak mengerti atau mengenal bahasa inggris sama sekali. Namun hal itu tentunya tidak menjadi halangan kan? karena hal itu merupakan suatu tantangan tambahan bagi anda agar mampu belajar 2 bahasa dalam satu waktu (lagi pula, bahasa Inggris menggunakan alphabet).

Program ini bisa didownload secara cuma-cuma di sini

Selamat belajar, 頑張ってねー皆さん!!!




Referensi : nihongoheta

0 comments:

Post a Comment