Monday, April 25, 2011

Merubah Warna Header Pada Blog

Pertama-tama, sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang menambahkan elemen baru di bawah header, kita harus tahu dulu apa sih header itu? Header adalah informasi awal atau data yang berguna untuk kategorisasi atau transmisi tujuan utama sebuah blog. Header merupakan unsur yang paling penting dalam sebuah template karena setiap pengunjung yang datang ke blog Anda pertama kali yang dilihat adalah headernya. Contohnya bisa sobat lihat pada gambar berikut ini ...
elemenheader

Fungsi header itu sangat banyak sekali, terutama sebagai kunci awal sebuah blog. Sebuah blog yang sukses akan menaruh kata kunci dari blog mereka di headernya sebagai informasi pembuka atau yang sering disebut tema pada sebuah cerpen. Selain itu, kita juga perlu mempercantik header kita, agar pengunjung tidak jenuh, salah satunya dengan merubah warna header blog. Selain itu, kita juga bisa menambahkan kolom / elemen baru di bawah header (baca: Menambahkan Elemen Baru di Bawah Header) untuk menempatkan apa saja terutama iklan. Di header pun kita bisa merubah font (jenis huruf) (baca: Cara Mengganti Style Font Blog) yang bisa kita sesuaikan dengan templates blog kita. Untuk membuatnya sobat bisa mengikuti caranya di bawah ini:
1. Login ke akun sobat blogger.
2. Di bagian dasbor, klik rancangan.
3. Pada tab elemen laman, klik edit html.
4. Carilah kode: #header { pada kotak Edit HTML.
(Gunakan CTRL + F untuk pencarian cepat)

Keterangan : Agar mempercantik headernya, Anda bisa menambahkan kode background: kode warna;  tepat di bawah tulisan margin. Tulisan kode warna tersebut Anda bisa menghapusnya dan menggantinya dengan warna yang Anda inginkan (baca: Kode Warna HTML). Contoh: #ff6633.
5. Hasilnya akan menjadi seperti ini.


6. Simpan template, dan lihat hasilnya!


Begitulah kiranya step by step cara merubah warna header pada blog

0 comments:

Post a Comment