Monday, June 20, 2011

Siapa Pengunjung Setia di Blog Anda?

pengunjung setiaPengunjung setia atau loyal visitor adalah pengunjung yang mengunjungi suatu blog untuk beberapa kali ke blog itu lagi terus-menerus. Lalu apakah anda termasuk pengunjung setia?

Setelah cukup lama membangun blog yang sudah hampir 3 bulan lamanya, saya hanya meminta penjelasan dari sobat sekalian untuk blog ini. Seperti yang dikatakan pada artikel sebelumnya, untuk mendapatkan pengunjung setia salah satunya adalah dengan postingan berkualitas dan kenyamanan pengunjung. Apakah saya telah memenuhi syarat itu?

Ini bukan polling, karena saya tidak akan mendata hasil perolehannya. Juga bukan quiz, karena saya tidak punya hadiah bagi pemenangnya. Ini hanyalah pertanyaan biasa yang barusan terlintas di pikiran saya dan ingin juga menanyakannya kepada pengunjung yang kebetulan lewat di sini.

Mungkinkah yang berkomentar paling banyak adalah pengunjung yang paling setia? Atau adakah pengunjung setia yang jarang atau sama sekali tidak pernah meninggalkan komentarnya? Itulah yang menjadi misteri selama ini di blog saya, kadang ada yang berkunjung selalu tapi tidak mau meninggalkan sedikit butiran katanya untuk dapat membangun blog ini. Itu yang saya tidak tahu.

Jika saya ditanya; siapa pengunjung paling setia di blog saya, maka saya sudah tahu pasti jawabannya. Namun jawaban tersebut saya simpan terlebih dahulu, menunggu respon dari para sahabat pada artikel ini.

Lalu siapa pengunjung setia di blog anda?

0 comments:

Post a Comment