Thursday, June 30, 2011

Kenali Pengunjung Blog Anda

kenali pengunjungKenali Pengunjung Blog Anda - Setiap blogger pasti ingin mendapatkan visitor atau pengunjung. Mendapatkan pengunjung tidaklah mudah, harus memerlukan usaha dan kerja keras. Tetapi tenang, semua pasti bisa mendapatkan pengunjung asalkan menjalaninya dengan sabar dan niat yang ikhlas.

Banyak cara yang dilakukan blogger lain untuk mendapatkan pengunjung, salah satunya adalah blogwalking dan berkomentar di blog orang lain (baca: pentingnya berkomentar). Dengan blogwalking dan berkomentar di blog orang lain maka secara otomatis akan tercipta saling kenal antar sesama blogger. Saling berkunjung dan berkomentar di blog masing-masing maka akan terbentuk juga pengunjung setia. Pengunjung setia yang selalu mengunjungi bahkan berkomentar di blog anda kapanpun sewaktu dia lagi online.

Mengenali pengunjung blog anda sangat penting untuk anda. Selain tercipta komunikasi dan interaksi antar sesama blogger, maka akan juga saling kunjung. Semua harus dilakukan dengan sabar dan dengan niat yang ikhlas, agar bisa membangun keharmonisan.

Mengenali pengunjung blog anda bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan membuat 3 pertanyaan untuk mereka. 3 pertanyaan berikut antara lain adalah:

1. Bagaimana anda menemukan blog/website saya?

Informasi ini penting sekali karena apabila anda sudah tahu kebanyakan pengunjung anda datang dari satu atau dua sumber saja, maka anda bisa fokus tenaga dan waktu anda di sumber tsb.

Contoh: Setelah penelitian, ternyata pengunjung yang datang ke website anda banyak datang dari Google dengan kata kunci (keywords) tertentu, dan jarang sekali mereka datang dari iklan yang anda pasang di website x. Artinya, anda bisa lebih fokus tenaga dan waktu anda meng-optimize untuk kata kunci (keywords) tsb. Meng-optimize artinya anda melakukan tindakan sehingga dengan kata kunci tsb, website/blog anda tampil di halaman pertama hasil pencarian Google (Google search results).

2. Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari?

Data ini juga sangat penting untuk anda sebagai pemilik website, karena dengan mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke blog/website anda, anda mempunyai gambaran seberapa populer/ramai blog/website anda.
Seperti ada pepatah yang mengatakan, untuk bisa maju terus anda harus tahu posisi/kondisi anda sekarang.

3. Berapa lama anda browsing di blog/website saya?

Semakin lama seseorang browsing di tempat anda, maka semakin bagus content yang ada di dalamanya. Tentunya satu orang yang browsing lama di blog/website anda belum tentu berarti bahwa blog/website anda mempunyai content yang bagus.

Anda perlu mendapatkan lebih banyak pengunjung yang browsing lama di tempat anda untuk memastikan bahwa anda mempunyai content yang bagus.

Apabila banyak pengunjung browsing lama di tempat anda, kemungkinan besar anda mempunyai content yang bagus dan bermanfaat. Sebaliknya juga sama. Jika banyak pengunjung anda ternyata hanya stay sebentar di tempat anda, maka bisa dipastikan pula content anda tidak menarik.

Dari 3 pertanyaan di atas, kita sudah dapat mengenali pengunjung blog yang datang ke website anda. Jika ada salah satu jawaban dari pengunjung yang tidak tepat teruslah untuk belajar dan belajar. Contohnya pada poin nomer 3, jika pengunjung tidak tertarik kepada konten-konten yang sudah anda berikan, terus coba dengan memperbanyak membaca di blog/web yang sesuai dengan topic anda. Semua tidak ada yang sempurna, kita lah yang harus menyempurnakannya dengan belajar dan terus belajar. Jika ada yang kurang dipahami, silahkan ditanya langsung di kotak komentar di bawah ini, Insya Allah saya bisa menjawabnya.

Sekian dulu artikel saya mengenai Kenali Pengunjung Blog Anda. Semoga dapat memberi manfaat bagi anda. Kenalilah pengunjungmu, raih impianmu.

0 comments:

Post a Comment