Thursday, May 19, 2011

Pentingnya Berkomentar

Pentingnya Berkomentar - Selain mementingkan traffic dan SEO, kita juga memerlukan adanya komunikasi sesama blogger, yaitu bahwa pentingnya berkomentar. Komunikasi tersebut bisa berupa komentar. Dengan berkomentar, kita mengajak orang lain/blogger lain untuk berkomunikasi. Selain itu, jika kita berkomentar di blog orang lain, pastinya ada backlink yang mengarah ke blog kita.

Pentingnya BerkomentarMeninggalkan komentar di blog orang lain amatlah penting. Sangatlah rugi orang yang blogwalking namun tidak meninggalkan komentar. Namun seringkali seorang yang berkunjung ke blog lain malas meninggalkan komentar. Mungkin karena belum tahu pentingnya berkomentar di blog orang lain. Namun dalam hal ini saya tidak mengutamakan “jumlah” komentar. Jumlah komentar bukanlah hal yang penting. Tetapi isi dari sebuah komentar dan bagaimana kita menanggapi komentar tersebut adalah yang terpenting. Sebuah kedewasaan berfikir sangat diperlukan dalam hal ini. Seperti halnya sebuah cermin, komentar dapat menjadi reflection terhadap tulisan kita. Tinggal bagaimana kita memperlakukan cermin tersebut. Saya tidak pernah menilai komentar seseorang dari profesi penulis komentar, tetapi dari isi komentar itu sendiri. Dan saya tidak pernah menghapus komentar apapun baik yang kontra maupun yang menghujat saya. Karena saya percaya, sebuah komentar juga berarti gambaran jati-diri sang pemberi komentar.

Dalam dunia nyata, komentar sering diartikan sebagai sesuatu yang negatif. Makanya sering terdengar kata-kata “bawel”, “komentar melulu”, “tukang komentar”, “bisanya cuma komentar” dll yang berarti bahwa komentar itu sebagai hal yang tidak penting. Namun menurut saya, dalam dunia blogging, komentar adalah hal yang sangat penting. Karena komentar adalah sebuah penghargaan yang diberikan orang terhadap postingan kita. Seperti musisi yang melakukan sebuah konser musik, pendengar adalah pembaca postingan, tepuk tangan adalah komentar postingan. Dalam sebuah konser musik ketika tidak ada tepuk tangan ibarat sebuah konser musik yang mati. Begitu juga dengan blog, komentar adalah nyawa dari postingan kita. Komentar juga sekaligus cermin bagi kita yang menggambarkan bagaimana arti tulisan kita dimata orang lain. Komentar adalah tolak ukur pemikiran kita. Komentar adalah dialog. Komentar adalah komunikasi. Komentar adalah pembeli bagi penjual. Komentar adalah bagian yang penting dan menjadi nyawa dari sebuah blog. Oleh karena itu, hargailah sebuah komentar dengan baik. Baik itu komentar yang pro maupun komentar yang kontra dengan postingan kita. Komentar adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh pembaca blog kita, sudah selayaknya kita memberikan penghargaan timbal balik kepada yang memberi komentar.

Kita seharusnya sadar, dengan kita memutuskan untuk menjadi seorang blogger, berarti kita harus siap berinteraksi dengan orang lain. Hal ini berarti kita juga harus siap menghargai komentar orang lain. Apabila kita belum siap menghargai komentar orang lain, berarti kita belum siap menjadi seorang blogger. Jangan hanya memikirkan untuk orang lain yang berkomentar di blog Anda, lakukanlah komentar.

Bagi yang tidak berkomentar, itu hal yang sangatlah rugi. Mereka secara tidak langsung membuang manfaat-manfaat berkomentar di blog lain.

Apa saja manfaat-manfaat berkomentar?

1. Pencritaan diri. Dengan berkomentar Anda bisa mengenalkan siapa diri Anda, dimana blog Anda, bagaimana keahlian Anda (dengan komentar yang berkualitas Anda bisa dianggap master), dan bisa juga memperkenalkan website/produk Anda.

Citra diatas bukan hanya citra baik, tapi bisa juga citra buruk. Misalnya, komentar Anda isinya cuma sampah, berulang-ulang, pasang link kebanyakan, dan berkomentar kotor/kasar. Kalau ada yang mengklik link ke situs/blog Anda dan mengetahui siapa si komentator, bisa-bisa citra Anda di Internet bisa jatuh.

2. Menambah traffic. Seorang yang berkomentar biasanya meninggalkan link. Dan ini termasuk promosi atau iklan gratis. Tapi jangan berkomentar "kunjungi blog ini nanti Anda akan bla bla bla...". Sebaiknya komentar Anda adalah yang berkualitas. Bahkan kalau bisa lebih berkualitas dari postingan itu sendiri. Atau Anda bisa memberi solusi diantara perdebatan para komentator. Anda bisa menggunakan cara berkomentar yang baik dari blog ini.

Tapi komentar yang tidak bermutu kadang-kadang dapat kunjungan balik juga. Tergantung si pemilik blog atau komentator lainnya.

3. Backlink. Backlink merupakan nyawa dari SEO. Bahkan ada yang rela membeli list blog dofollow demi backlink. Backlink sangat mudah didapatkan dengan komentar. Tidak harus dofollow. Ada yang bilang kalau backlink nofollow juga berpengaruh ke SEO. Yaitu lebih natural dan bisa dipercaya kalau tidak nyepam backlink.

Disarankan dibaca:

4. Menghormati pemilik blog. Dengan meninggalkan komentar, secara tidak langsung Anda menyenangkan hati pemilik blog. Menghargai apa yang telah ditulis oleh pemilik blog. Dan bisa menjadi hubungan yang baik sesama blogger.

5. Memperbanyak saudara online. Walau tidak dipungkiri, mencari teman yang banyak dan instan adalah lewat forum. Tapi lewat blog juga tidak kalah seru. Dengan punya teman, Anda bisa punya dukungan ketika suatu saat Anda difitnah atau dianggap penipu.

Disarankan dibaca:

Terimakasih atas komentar teman-teman terhadap postingan saya selama ini. Semoga dengan saling memberi komentar dan menghargai komentar, kita bisa saling menjaga persahabatan kita sesama blogger yang bertanggung jawab.

Sekian dulu artikel saya mengenai pentingnya berkomentar, semoga anda paham tentang pentingnya berkomentar. Tunggu dan kunjungi terus DAW-XP untuk mendapatkan artikel terbaru mengenai berkomentar yang baik di blog orang lain.


Semoga Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment