Friday, September 2, 2011

Benarkah Google Tidak Butuh Backlink?

google tidak butuh backlinkBenarkah Google Tidak Butuh Backlink? - Banyak yang bilang bahwa Google tidak butuh backlink lagi. Isu tersebut tidak benar adanya, disini saya akan memposting untuk meluruskan saja tentang berita yang beredar tersebut.

Benarkah Google Tidak Butuh Backlink? Ilmu SEO memang penuh misteri. Semakin berjalannya waktu, ilmu seo akan terus berkembang maka dari itu kita harus sering baca-baca agar ilmu seo kita nambah.

Algorithm Google 2011 sangat kejam, sampai-sampai ada yang bilang backlink sudah tidak dibutuhkan lagi. Sebenarnya itu tidak dibutuhkan, namun hanya mengesampingkan atau menomorduakan, yang jadi utama adalah seo onpage dan kontes berkualitas. Backlink masih dibutuhkan, namun jangan sampai berlebihan, jangan membeli backlink yang ribuan banyaknya, hal itu akan sia-sia. Disini saya akan menjelaskan beberapa yang dapat menentukan hasil di SERP:

1. SEO OnPage
Yang paling menentukan posisi kita di search engine adalah tehnik seo onpage. Tehnik SEO On Page adalah mengoptimalkan teknik SEO di dalam blog kamu sendiri misalnya dengan mengoptimalkan penggunaan keyword, memasang breadcrumb di blog (baca: membuat navigasi breacrumb di blogspot), membuat link internal (baca: cara membuat link internal di setiap postingan), tag title, hingga pemasangan meta tag (baca: cara membuat meta tag seo friendly).

2. Kualitas Konten
Kualitas konten juga sangat berpengaruh terhadap posisi kita di search engine. Google sangat menyukai artikel yang original dan fresh. Maksudnya anda harus membuat sebuah artikel yang terlihat fresh namun hasil karya anda sendiri. Dengan begitu, google akan memberikan posisi yang terbaik di search engine miliknya.

3. Backlink
Backlink bukannya tidak dibutuhkan lagi, namun dinomorduakan oleh google. Walaupun backlinknya banyak tapi tidak seimbang dengan seo onpage, hal itu akan sia-sia. Carilah backlink yang sewajarnya saja, jangan berlebihan. Jangan menggunakan cepet cari backlink seperti boomber backlink, backlink boost, beli backlink ataupun yang lainnya. Maka dari itu anda wajib menekankan ke seo onpage dan seimbangi dengan backlink juga agar bisa terus bertahan.

Lihat kutipan langsung yang saya kutip dari situs resminya google webmaster berikut ini:

“Our advice for publishers continues to be to focus on delivering the best possible user experience on your websites and not to focus too much on what they think are Google’s current ranking algorithms or signals. Some publishers have fixated on our prior Panda algorithm change, but Panda was just one of roughly 500 search improvements we expect to roll out to search this year. In fact, since we launched Panda, we’ve rolled out over a dozen additional tweaks to our ranking algorithms, and some sites have incorrectly assumed that changes in their rankings were related to Panda. Search is a complicated and evolving art and science, so rather than focusing on specific algorithmic tweaks, we encourage you to focus on delivering the best possible experience for users“.
Di dalam kutipan itu, sangat jelas bahwa Google menekankan user experience yang dengan kata lain, optimasi seo on page adalah salah satu jalan meningkatkan user experience. Intinya seo onpage yang paling berpengaruh dalam menentukan hasil posisi blog maupun artikel blog anda di search engine, jadi jangan remehkan seo onpage.

Sekian dulu artikel saya mengenai Benarkah Google tidak butuh backlink?. Semoga dengan artikel ini dapat meluruskan temen-temen yang berbicara seenaknya tanpa referensi yang jelas tentang kebenaran hal tersebut. Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment