Saturday, September 17, 2011

Cara Membuat Permalink di Blogspot

permalink
Cara Membuat Permalink di Blogspot - Pada kesempatan hari ini saya akan share cara membuat permalink di blogspot. Postingan ini merupakan request dari salah seorang sahabat Deny untuk membuat permalink di blogspot.

Apa itu Permalink? Permalink atau permanen link merupakan alamat URL atau link yang permanen tentang suatu postingan. Permalink di blogspot sangat penting untuk menambah link internal di artikel postingan kita. Karena permalink yang satu ini seo friendly sehingga mudah dibaca oleh google.

Permalink di blogspot dengan permalink di wordpress tentu berbeda, walaupun definisinya tetap sama. Jika di wordpress kita bisa mengaturnya dengan membuat /%postname%/ untuk lebih seo friendly, namun jika di blogspot kita tidak bisa menggunakannya.

Jika anda masih bingung dengan apa itu permalink, silakan lihat gambar permalink pada blog DAW-XP di bawah postingan berikut:

Permalink DAW-XP


Cara Membuat Permalink (Manual) di Blogspot
Dengan membuat permalink yang manual di blogspot artikel anda akan lebih seo friendly dan bagus untuk mendongkrak posisi di artikel anda. Anda bisa membuat permalink yang manual di akhir postingan contohnya begini:

"Begitulah ulasan artikel saya mengenai "judul postingan" kali ini. Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, silakan anda mengcopy paste artikel judul postingan ini, dan beri judul postingan sebagai sumbernya."

Di atas adalah contoh permalink yang anda buat namun dengan cara manual. Kekurangan dari permalink manual ini kita harus menuliskannya secara manual meskipun seo friendly.

Cara Membuat Permalink (Otomatis) di Blogspot
Dengan membuat permalink yang otomatis ini, kita tidak perlu lagi menambahkannya secara manual dan ini juga akan lebih seo friendly. Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat permalink di blogspot:
  • Pertama, silakan anda login ke akun blogger anda.
  • Lalu, pergi ke menu rancangan, lalu pilih edit html.
  • Jangan lupa centang expand template widget.
  • Cari kode ]]> (gunakan Ctrl+F untuk membantu pencarian), setelah ketemu kode tersebut, letakkan kode css berikut tepat di atasnya :
  • .permalinkblogspot {border: 1px solid #EFF0F1; padding: 5px; background: #ffffff;-moz-border-radius:5px;} .permalinkblogspot a {background:none;} img.float-right {margin: 5px 0px 0 10px;} img.float-left {margin: 5px 10px 0 0px;}
  • Lalu cari kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p>, lalu pastekan kode berikut di bawahnya :
  • <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><div class='permalinkblogspot'> <center><small>Anda sedang membaca artikel tentang <strong><u><data:blog.pageName/></u></strong> dan anda bisa menemukan artikel <data:blog.pageName/> ini dengan url <strong><data:post.url/></strong>, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel <strong><data:blog.pageName/></strong> ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link <u><a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a></u> sumbernya.</small></center></div></b:if>
  • Simpan template.

Catatan: Jika blog anda telah menggunakan readmore, akan ada 2 kode dari <data:post.body/>, silakan anda pasang kode yang tadi (langkah 5) di bawah kode yang kedua.

Sekian dulu artikel saya mengenai cara membuat permalink di blogspot. Semoga dengan permalink blogspot ini mampu mengoptimalkan internal link anda dan artikel blog anda semakin bagus posisinya.

0 comments:

Post a Comment