Tuesday, September 20, 2011

Pentingnya Menjadwalkan Posting

jadwal posting-scheduled posts
Pentingnya Menjadwalkan Posting - Pada posting tutorial blogspot hari ini, Deny akan menjelaskan betapa Pentingnya Menjadwalkan Posting. Menjadwalkan Posting ini ada kaitannya dengan artikel sebelumnya yaitu tips untuk mendapatkan ide posting, mengapa? mari kita membahasnya.

Jadwal Posting / Scheduled Posts yang dirilis blogger pada bulan May 2008 (new feature: scheduled posts) adalah sebuah fitur yang memudahkan blogger untuk mempublish postingnya kapan saja yang sedang sibuk ataupun ada kegiatan lain.

Kebanyakan blogger tidak tahu betapa pentingnya menjadwalkan posting, mereka hanya menuliskan posting lalu mem-publishnya di waktu itu juga sehingga dalam sehari posting menumpuk di blognya hingga pengunjung pun tidak nyaman (baca: buatlah pengunjung blog anda nyaman) dan malas untuk berkomentar di blog anda (apa penyebab blog sepi komentar?). Adapun keuntungan-keuntungan yang kita dapat dengan menggunakan fitur menjadwalkan posting adalah sebagai berikut:

1. Menghemat Waktu

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa fitur blogger yang satu ini tujuan umumnya adalah untuk menghemat waktu posting. Kadang-kadang ada kalanya kita tidak bisa ngeblog karena ada kesibukan ataupun ada kegiatan lain yang memakan waktu yang lama. Ini sering terjadi pada saya, saya sering banyak kegiatan ataupun pertandingan-pertandingan sehingga tidak memungkinkan saya untuk ngeblog bahkan menulis posting. Jadi jika ada orangnya yang super sibuk sampai tidak ada waktu lagi untuk ngeblog gunakanlah fitur jadwal posting ini.

2. Mempengaruhi SEO

Tahukah anda bahwa mengatur jadwal posting dapat berpengaruh pada seo? Kita semua tahu bahwa google mempunyai spider boot yang difungsikan untuk meng-crawl suatu halaman secara periodik. Nah dari spider inilah akan membantu postingan anda yang telah terjadwal untuk bagus di serp, meskipun hasilnya tidak naik langsung namun ia akan sediki demi sedikit mengcrawl sehingga postingan anda pun tidak larut dalam kesedihan. :D

3. Tidak Cepat Kehilangan Ide

Inilah yang saya katakan pada pengantar tadi bahwa jadwal posting ada kaitannya dengan ide posting. Kebanyakan blogger yang mempunyai banyak ide terlalu bernafsu untuk memposting di blognya sehingga 2-5 posting bisa masuk ke blognya dalam sehari. Hal ini jelas akan merugikan, karena selain akan mengurangi komentar pada artikel kita (karena biasanya orang berkomentar pada postingan terakhir, kecuali dia membaca artikel-artikel sebelumnya), juga akan cepat kehilangan ide untuk menulis disebabkan hampir semua ide sudah tertuang dan dipublikasikan.

Selain itu bagi yang terlalu memaksakan diri agar sesuai dengan "citra" blognya sehingga jika tidak lagi memiliki informasi-informasi baru yang sesuai dengan "citra"-nya tadi, lantas blognya pun turut vakum atau malah berhenti sama sekali.

Disarankan Dibaca:

Bagi anda yang memiliki ide posting banyak, saya sarankan mempostingnya dengan menjadwalkan posting. Meskipun jarang posting sehingga dalam seminggu sedikitnya ada 1 posting, namun blog anda akan tetap ada postingannya sehingga yang berlangganan (baca: membuat kotak berlangganan via email) khususnya di blog Deny ini tidak kecewa karena adanya posting anda.

Sekian dulu postingan saya mengenai Pentingnya Menjadwalkan Posting. Semoga anda tidak melewatkan dan melalaikan fitur scheduled posting yang satu ini. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment