Tuesday, May 17, 2011

SEO Tour: Apakah SEO dan SERP itu? Bagaimana Meningkatkannya?

SEO
Dalam dunia blogging, pasti sobat pernahkan mendengar kata SEO itu? Bagi blog yang ber-tema bisnis online pasti sangat memerlukan SEO untuk bisa naik ke peringkat SERP. Lalu, apakah SEO dan SERP itu? Nah di artikel ini kita akan mempelajari tentang SEO dan SERP dan tips untuk melakukannya.

Apa SEO itu?
Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Lalu, Apa itu SERP?
Search engine results page (SERP) adalah daftar halaman web dikembalikan oleh mesin pencari sebagai tanggapan atas permintaan kata kunci. Hasil biasanya meliputi daftar halaman web dengan judul, link ke halaman, dan deskripsi singkat yang menunjukkan di mana kata kunci yang cocok dengan konten dalam halaman. SERP ini juga berfungsi bilamana ada kontes SEO seperti Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood dan Mari Berkomunitas di Faceblog untuk melihat artikel kita apakah sudah masuk ke SERP.

Bagaimana Mencapai Hasil yang Terbaik dalam SEO dan SERP?
Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk peng'optimalan SEO:

1. Memilih Nama Domain
Pilih nama domain yang sesuai dengan tema blog yang akan dibuat usahakan dalam nama domain terdapat keyword (kata) yang akan dijadikan target utama pengunjung dari search engine, Misalnya tema blog tentang seo, maka gunakan nama domain yang ada kata seonya, atau kata yang ada kaitan erat dengan seo. Serta gunakan nama domain yang pendek dan ringkas, mudah diingat agar memudahkan pengunjung mengingat domain blog anda.

2. Menentukan Tema
Menentukan tema blog jangan setengah-setengah. Pilihlah tema yang anda kuasai, jika anda mahir dalam SEO maka pilihlah SEO. Jangan pikirkan hal yang di kemudian hari, pikirkanlah yang anda kuasai sekarang, jangan takut blog/website anda nantinya gagal. Kesalahan besar jika anda memilih tema yang anda mahir namun sedikit sekali orang yang mencarinya. Fokuskanlah pada satu titik di mana anda kuasai, seperti blog ini sendiri, memiliki banyak kategori, softwares, gaming, dll namun tetap memokuskan pada satu yaitu Belajar SEO Blogspot dan Tutorial Blogspot.

3. Menentukan Keyword
Salah satu unsur yang paling menentukan dalam meningkatkan traffic jumlah pengunjung adalah tepatnya pemilihan keyword yang akan digunakan. Maksud keyword disini bisa description web anda, bisa juga keyword sewaktu anda menulis postingan.

Misalnya gini, kita semua tahu yang sering dicari orang untuk desain blog dan tips blog di mesin search engine adalah tutorial blogspot, belajar seo blogspot, tips seo dan tentunya yang berhubungan dengan blog.

Dalam description dan keyword blog ini, saya menambahkan keyword tutorial blogspot, belajar seo blogspot, dan tips SEO karena memang keyword blog ini ya ketiga itu tadi. Selain menambahkan description pada info web/ blog, anda juga harus memasukkan keyword-keyword penting tadi dalam setiap postingan anda, misalnya seperti yang saya lakukan pada postingan sekarang ini.

Ok, cukup 3 tips SEO diatas dulu ya, soalnya otak saya dah mumet bikin artikel ini, ntar kalau ada dapat tips SEO tambahan lagi baru saya tulis lagi :) atau ada temen-temen yang mau nambahin Tips SEO silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ya.


Semoga Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment