Thursday, September 29, 2011

Belajar SEO: Mengenal Tag Heading

Mengenal Tag Heading - Bagi blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia per-bloggeran, pasti sudah tidak asing lagi dengan tag heading. Namun, bagi blogger yang masih baru/awam terhadap dunia blogger pasti merasa kebingungan dan pasti belum mengenal tag heading. Nah pada kesempatan kali ini, Deny akan mencoba untuk membahas tentang tag heading

Apa itu Tag Heading

Attribut yang seharusnya juga di sertakan dalam web design adalah tag heading. Tag heading adalah attribut yang berfungsi untuk menyusun level-level heading dan subheading pada website. Tingkatan Header itu ada 6 dan dimulai dari H1 hingga H6. H1 adalah header yang paling besar dan H6 adalah header yang paling kecil.
tag heading


Header tag seharusnya di sisipkan sebelum body-text tag. Dan text dari header akan berada di antara tag pembuka dan penutup. Ukuran dari tag ini biasanya akan berubah secara otomatis, meski Anda bisa mengubahnya secara manual menggunakan cascading style sheets (CSS). Cascading style sheets adalah bahasa pemrograman yang mengijinkan Anda untuk membuat halaman web menggunakan sytle tertentu.

Biasanya h1 digunakan untuk judul blog, h2 digunakan untuk judul posting, dan h3 untuk widget. Jika dilihat menurut tingkatan heading, maka level pertama seharusnya mengandung keyword yang utama, dengan asumsi bahwa keyword tersebut bisa di gunakan secara natural. Sangat penting untuk membuat perbedaan ini, jika keyword tersebut bisa bekerja di dalam heading. Tapi jika tidak bisa, maka lebih baik hindari.

Fungsi Tag Heading

Tag heading dalam sebuah blog sangat penting. Sebab dengan bantuan tag heading di blognya, maka akan mempermudah google mencari serta mengindex blog anda. Selain itu, dengan tag heading ini juga akan mempermudah para pembaca memahami informasi yang anda berikan.

Sebagai contoh, jika Anda mempunyai sebuah blog/website yang membahas tentang belajar seo, maka tag heading h1 akan digunakan sebagai judul website atau blog anda. Lalu level kedua menjadi subheading dari heading level pertama. Dan level ketiga menjadi subheading dari subheading level kedua, dan seterusnya.

Heading pada sebuah halaman web, berfungsi sama dengan heading yang ada di halaman buku. Yaitu, untuk menunjukkan informasi penting, dan membuat user bisa menyortir halaman dengan cepat untuk menemukan informasi yang mereka cari. Di internet, hal ini sangat penting, karena pengunjung website tidak selalu membaca semua text yang ada di sebuah halaman web.

Seberapa Besar Index Google Terhadap Tag Heading Pada Sebuah Blog/Website?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa fungsi dari tag heading itu adalah untuk membantu google mengindex blog dan konten yang anda miliki, maka dapat dikatakan dengan adanya tag heading ini, SEO anda akan lebih kuat karena mempermudah mesin pencari mengindex blog anda.

Namun meskipun begitu, anda tidak boleh menggunakannya lebih dari 1 untuk heading 1 (h1) karena akan terjadi duplikasi tag, duplikasi tag sangat dibenci oleh google karena dianggap spam.

Bagaimana Cara Memasang Tag Heading ke Blog Agar SEO Friendly?

Sebenarnya memasang tag heading yang seo friendly ini sangatlah gampang. Kita hanya perlu mengubah struktur-struktur tag heading ke yang benar misalnya h2 untuk widget dan h3 untuk judul artikel, karena kebanyakan template default mereka menggunakan h2 untuk widget dan h3 untuk judul postingan. Namun, sebenarnya ada pula kode-kode yang harus ditambahkan. Karena menurut saya artikel ini sudah cukup panjang, jadi untuk langkah pemasangannya ditunggu saja di artikel selanjutnya.

Di Akhir ...

Intinya tag heading cukup penting untuk memperkuat seo anda serta index terhadap blog dan konten anda. Sekian dulu artikel saya mengenai mengenal tag heading. Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment