Friday, April 15, 2011

Cara Cek Blog Dofollow atau Nofollow

Cara Cek Blog Dofollow atau Nofollow - Pada postingan hari ini kita akan membahas tentang bagaimana cara cek blog dofollow atau nofollow yang bisa kita periksa pada blog temen-temen kita.

Pasti anda sudah tahu nofollow dan nofollow bukan? Jika belum tahu silakan baca artikel sebelumnya yaitu Apakah DoFollow dan NoFollow itu?. Perbedaan dofollow dan nofollow sangat jelas adanya. Sebenarnya mudah, kali ini kita akan menggunakan sebuah add-ons untuk melihat apakah blog seseorang itu nofollow atau dofollow.

Secara default, blog blogspot menggunakan sistem nofollow pada form komentarnya. Namun tidak sedikit pula blogger yang menerapkan sistem dofollow dalam comment formnya.

Untuk menemukan blog-blog mana saja yang menggunakan sistem dofollow, anda bisa googling dengan kata kunci 'dofollow blog list' atau 'daftar blog dofollow'. Ada banyak situs yang membuat daftar blog dofollow di situsnya.

Untuk Anda yang bingung blognya dofollow atau nofollow bisa menggunakan cara di bawah ini:
--> Pergilah ke Rancangan - Edit HTML.
--> Beri tanda centang pada "Expand Widgets Template"
--> cari kode seperti ini pada kode HTML blog anda :
'data:comment.authorUrl' rel='nofollow'


NoDofollow 1.5

Lihat pada gambar di atas. Sobat cari dulu kode 'data:comment.authorUrl' jika disampingnya terdapat kode di atas yang di garis bawahi / di gambar di atas, berarti blog sobat no follow. Namun jika tidak ada berarti blog sobat dofollow.

Di atas adalah cara manual melihat blog kita apakah dofollow atau nofollow. Namun bagaimana jika melihat blog orang dofollow ataukah nofollow dengan cara simple dan tidak memakan waktu? Nah kita akan menggunakan sebuah add-ons dari firefox untuk melihat apakah blog itu nofollow atau dofollow. Add-ons nya adalah DoNoFollow 1.5. Kebanyakan sobat di internet lain hanya sharing DoNoFollow 1.4 yang hanya rasuk pada browser firefox 3.6. Nah DoNoFollow 1.5 ini kompatible dengan mozilla firefox 4.0 (baca juga : Mozilla Firefox 4 Details & Reviews), firefox 5, 6 dan firefox 7. Selain itu, Addon ini mudah digunakan dan tidak terlalu memakan waktu.

Untuk mendownload DoNoFollow 1.5 Anda bisa klik link ini.

Setelah terinstall tinggal restart firefox. Setelah itu klik kanan pada area yang kosong dan klik pada tulisan nodofollow. Nah, semua link yang ada di halaman akan berubah warna biru untuk dofollow dan pink/merah untuk nofollow.

NoDofollow

Nah, sekarang kita bisa menghemat banyak waktu untuk mengecek apakah suatu link itu dofollow atau nofollow dengan menggunakan addon nodofollow.

Nah bagaimana? Anda tertarik membuat blog menjadi dofollow? Sekian dulu artikel saya mengenai cara cek blog dofollow atau nofollow, semoga anda bisa membedakan blog dofollow atau nofollow. Semoga bermanfaat


Malu Bertanya, Sesat di Jalan

1 comments: