Saturday, October 1, 2011

Tag Heading Blogspot SEO Friendly

Tag Heading Blogspot SEO Friendly - Pada templates default, struktur pada tag heading masih agak berantakan. Seperti yang saya bilang pada artikel sebelumnya (baca: mengenal tag heading) bahwa kebanyakan template menggunakan tag h3 sebagai judul posting, maka kali ini Deny akan membahas seputar tag heading blogspot seo friendly.

Salah satu cara agar membuat blog seo friendly adalah dengan cara memasang tag heading yang benar. Blog yang disukai google adalah blog yang memiliki struktur-struktur tag heading yang benar, yang kebanyakan yaitu tag h1 sebagai judul blog, tag h2 sebagai judul artikel, dan tag h3 sebagai widget. Ketiga tag heading cukup penting karena dalam perannya masing-masing penting untuk google dan juga pembaca.

Pemasangan Tag Heading Blogspot SEO Friendly

Untuk memasangnya, silakan login ke blog anda, lalu masuk blogger > rancangan > edit html > centang expand template widget. Dan ikuti cara-cara di bawah ini:

H2 Sebagai Judul Posting

  • Cari kode berikut.
  • <h3 class='post-title entry-title'>       <b:if cond='data:post.link'>         <a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>       <b:else/>         <b:if cond='data:post.url'>           <b:if cond='data:blog.url != data:post.url'>             <a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>           <b:else/>             <data:post.title/>           </b:if>         <b:else/>           <data:post.title/>         </b:if>       </b:if>       </h3>
    Ubah kode h3 menjadi h2. Kode ini berfungsi untuk mengubah tag h3 yang sebelumnya judul posting menjadi tag h2 yang pada seharusnya.
  • Lalu cari kode berikut di bawah ini.
  • <h3 class='mobile-index-title entry-title'>           <data:post.title/>         </h3>
    Sama seperti di atas, yaitu ubah h3 menjadi h2.
  • Lanjutkan cari kode berikut di bawah ini
  • <Group description="Post Title" selector="h3.post-title, h4, h3.post-title a">
    Ganti menjadi
    <Group description="Post Title" selector="h2.post-title, h4, h2.post-title a">

    H3 Sebagai Widget

  • Kemudian yang selanjutnya adalah mengubah tag heading pada widget di blog cari kode di bawah ini
<!-- only display title if it's non-empty -->
  <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
  </b:if>
Rubah h2 menjadi h3, untuk tag heading widget ini akan ada banyak di template tergantung berapa widget yang anda pasang di blog, jika ada 3 widget maka kode tersebut juga akan ada 3, maka carilah kelima tersebut dan ganti tag heading nya menjadi h2.

Catatan: Biasanya untuk perubahan pada tutorial yang terakhir yaitu mengubah tag heading pada widget, jika diubah h2 menjadi h3 maka style/judul dari widget anda akan berubah. Agar sama seperti semula, lanjutkan mencari kode berikut:
.sidebar h3
Nah barulah rubah h3 menjadi h2
Simpan template!!!

Nah sekian dulu artikel saya mengenai tag heading blogspot seo friendly. Semoga dengan mengubah struktur tag heading yang benar, maka blog anda semakin dikenal google.

0 comments:

Post a Comment