Tuesday, May 10, 2011

5 Widget Pilihan Untuk Blog

5 Widget Pilihan Untuk Blog
5 Widget Pilihan Untuk Blog - Dalam men-design blog itu perlu, tapi kita juga harus memperhatikan kenyamanan pengunjung, bukan hanya kenyamanan kita (baca: buatlah pengunjung blog anda nyaman). Tapi kadang kita tidak sadar pada koneksi internet kita yang aksesnya berkecepatan tinggi. Maka gunakanlah 5 widget pilihan untuk blog

5 widget pilihan untuk blog anda ini sangat penting, selain mengoptimalkan berat blog (baca: optimalkan kecepatan blog) maka juga akan meminimalisir widget-widget yang tidak penting. Bagi kita yang koneksi internetnya berkecepatan tinggi pasti cepat saja meng-akses blog kita dan merasa tidak ada masalah apapun di blog kita. Lalu bagaimana dengan pengunjung yang memiliki akses berkecepatan rendah? Tidak semua modem dan koneksi sama, dan tidak semua juga yang menggunakan modem dengan koneksi internet cepat seperti speedy yang memang lagi populer sebagai modem berkecepatan tinggi. Pasti mereka juga ada yang akses lewat modem lain bahkan menggunakan handphone yang aksesnya lambat.

Ini dulu terjadi pada saya, blog saya yang awalnya saya kira ringan sangat karena saya sendiri memakai modem speedy ternyata sangat lambat untuk diakses pengunjung. Lalu saya optimalkan kecepatan blog (baca: Optimalkan Kecepatan Blog) dengan menghilangkan widget-widget yang tidak penting dan memilih widget yang menurut saya pantas dan memang harus digunakan oleh seorang blogger.

Dalam hal ini saya mengutamakan 5 widget pilihan untuk blog yang saya sarankan untuk anda. Mengapa? Karena 5 widget yang diutamakan ini adalah perlu bagi kita khususnya bagi pengunjung. Mau tau apa 5 widget tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Artikel Terbaru
Dengan artikel terbaru pengunjung bisa mengetahui apa saja yang baru dari blog tersebut dan tentunya maka pengunjung akan dapat dengan cepat mengetahui topik apa yang sedang dibahas di blog kita Widget artikel terbaru ini juga mempunyai fungsi jalan pintas daripada kita harus klik older post/newer post di navigasi blog tersebut yang prosesnya terlalu lama.

Selayaknya Dibaca:

2. Artikel Populer
Widget ini memiliki fungsi seberapa populerkah artikel-artikel kita di blog sendiri. Banyak parameter yang digunakan untuk menyusun artikel terpopuler ini, mulai dari jumlah berapa kali artikel tersebut dibaca atau berapa jumlah komentar pada artikel tersebut. Jika di blog berbasis WordPress sudah tersedia widget Tulisan Teratas, maka di blogspot anda sudah bisa menampilkan widget sejenis. Widget ini disusun berdasarkan lalu-lintas komentar terakhir yang masuk di blog kita, sehingga kita bisa menyimpulkan artikel manakah yang paling banyak mendapat tanggapan dari pembaca blog kita. Terus kenapa saya tidak menggunakan widget ini? Karena sudah terlalu penuh bagi saya jika ditambah widget lagi, jadi bagi Anda yang masih ada ruang untuk widgetnya selayaknya untuk menambah widget ini.

Selayaknya Dibaca:

3. Komentar Terbaru
Seperti halnya Widget Artikel Terbaru yang berfungsi menampilkan artikel - artikel yang baru diterbitkan, widget komentar terbaru ini berfungsi menampilkan cuplikan-cuplikan komentar yang baru saja di post. Selain itu widget ini juga untuk berfungsi mengetahui riwayat dari sebuah komentar. Kita juga bisa tahu komentar - komentar pengunjung blog pada sebuah artikel baru maupun artikel yang lama. Intinya memudahkan kita melacak suatu komentar.

Selayaknya Dibaca:

4. Top Komentator
Widget Top Komentator fungsinya menampilkan daftar link komentar pengunjung yang paling banyak berkomentar di blog kita secara berurutan, sesuai dengan jumlah komentarnya. Selain itu widget ini juga memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak (kayak timbal balik aja), yaitu si komentator dan si pemilik blog. Link Si komentator akan ditampilkan pada widget tersebut jika berkomentar paling banyak, Sedangkan Si pemilik blog dapat mengukur baik tidaknya posting tersebut, sehingga lebih mudah untuk memperbaiki posting-posting berikutnya.

Selayaknya Dibaca:

5. Buku Tamu/Shoutbox
Shoutbox adalah sebuah widget yang mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan chatting, dimana semua pengunjung ataupun pemilik blog itu sendiri bisa saling mengirimkan pesan-pesan singkat seperti perkenalan, pemberitahuan dan lain sebagainya. Selain itu, shoutbox juga digunakan sebagai ajang saling menjalin persahabatan khususnya dengan blogger lain. Jadi, Anda juga wajib memasang widget ini sebagai silaturahmi sesama blogger.

Selayaknya Dibaca:

    Nah saya kira itulah 5 widget pilihan untuk blog Anda yang harus ada di blog anda. Saran saya buanglah widget-widget yang tidak berguna seperti, jam pada blog, kalender, dan widget-widget lainnya yang tidak berguna. Dan yang pasti dengan adanya 5 widget pilihan yang Anda pasang di sidebar atau dimanapun pengunjung lebih senang dan pastinya pageviews pun meningkat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya.


    Semoga Bermanfaat ^_^


    Tags: Widget, Widget Pilihan, Widget Populer, Widget Terbaik, Widget Pilihan Untuk Blog, Widget Untuk Blog, Widget Populer Untuk Blog, 5 Widget Pilihan Untuk Blog.

    0 comments:

    Post a Comment